Gus Hans Pertanyakan Cara Pendataan Daerah Yang Klaim Zona Hijau, Ini Kata Jubir Gugus Covid-19 Sampang

Peta sebaran Covid-19 di Jawa Timur

Sampang, (regamedianews.com) – Hampir seluruh kabupaten di Jawa Timur saat ini sudah berada di zona merah Covid-19.

Hanya yang tersisa satu kabupaten yang masih bertahan dizona hijau yakni kabupaten Sampang Madura, kabupaten yang posisinya berada dipaling tengah pulau Madura itu masih bertahan dizona hijau setelah Sumenep dua hari lalu tumbang saat dinyatakan 4 warganya positif Corona.

Bacaan Lainnya

Kali ini semua tertuju ke Kabupaten Sampang statusnya hijau dan ada beberapa kalangan mempertanyakan hal tersebut, seperti halnya Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 DPD Partai Golkar Jawa Timur Zahrul Azhar Asumta atau yang akrab disapa Gus Hans.

Menurutnya, tidak ada kabupaten atau wilayah yang imun dari Covid-19, selama kotanya tidak menerapkan protokol physical distancing dan ada warga yang in out dari dan ke zona merah pasti ada yang carrier.

“Selama kotanya tidak menerapkan protokol physical distancing, dan warganya masih in out ke dan dari wilayah zona merah pasti ada penduduknya yang menjadi carrier,” ujarnya, Minggu (26/4/20) dikutip dari barometer Jatim.

Bahkan, menurut Gus Hans jika ada kota yang mengklaim bahwa masih zona hijau justru hal tersebut patut dipertanyakan tentang pendataannya.

“Jika ada kota yang mengklaim masih zona hijau, justru harus dipertanyakan sudah mendata dengan benar apa belum terhadap warganya,” lanjutnya.

Apalagi menurutnya kultur warga Madura yang suka merantau dan hal itu sangat rentan menjadi carrier, ditambah dengan budaya kekeluargaan yang sangat kental di Madura.

Meski pernyataan Gus Hans tersebut tidak langsung menyebutkan Kabupaten Sampang, namun faktanya saat ini hanya Kabupaten Sampang yang berada dizona hijau.

Sementara menanggapi hal tersebut Juru Bicara Satgas Covid-19 sekaligus Kadiskominfo Kabupaten Sampang H.Djuwardi enggan memberikan komentar, yang pasti menurutnya gugus tugas Covid-19 Sampang akan terus berupaya secara maksimal, agar bisa tetap mengendalikan virus itu tidak menyebar di Kabupaten Sampang.

“Kami nggak bisa komentari pernyataan beliau mas, yang pasti gugus tugas Sampang sudah dan akan terus menerus berupaya optimal agar wilayah Kabupaten Sampang tetap bisa mengendalikan agar wabah virus Corona tidak menyebar, itu saja mas,” ujarnya. (fan/adi/har)

Pos terkait