Pengabdian Kepada Masyarakat, UTM Kelompok 5 Desa Kebun Sosialisasikan Budidaya Semangka

  • Bagikan
Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kelompok 5 Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Bangkalan.

Bangkalan || Rega Media News

Pengabdian kepada masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kelompok 5 mengadakan sosialisasikan budidaya semangka kepada warga Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Mengambil tema “Pemanfaatan Lahan Kosong sebagai Upaya Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19”, kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung penuh dan difasilitasi Kepala Desa Kebun, Abdul Ghoni S.H.

“Kita mengapresiasi adanya program pengabdian kepada masyarakat ini, karena adanya kegiatan ini masyarakat dapat termotivasi, untuk memanfaatkan lahan kosongnya dan bertani, sehingga dapat menambah perekonomian keluarganya,” ujar Abdul Ghoni, Sabtu (10/07/21).

Melalui kegiatan tersebut, orang nomor satu di Desa Kebun ini mengajak warganya di masa pandemi Covid-19, untuk lebih memanfaatkan lahannya dengan optimal di bidang Pertanian maupun Peternakan.

“Jadi tidak hanya menggantungkan tanaman pangan, sebaiknya juga tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi seperti semangka, blewah, melon dan tanaman buah-buahan lainnya”, ujar pria lulusan Sarjana Hukum Universitas Trunojoyo Madura.

Sementara itu, Koordinator Desa (Kordes) Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok 5, Ihkam Hidayat mengatakan, sosialisasi budidaya semangka ini adalah untuk merintis kampung wisata petik buah semangka yang akan menjadi ikon Desa Kebun nantinya.

“Karena pandemi Covid-19, semua sektor perekonomian di Indonesia terhambat. Salah satu peluang yang masih menjanjikan adalah sektor pertanian, maka dari itu kami mengajak warga Desa Kebun untuk meningkatkan perekonomian dengan cara bertani tanaman-tanaman yang memiliki nilai jual tinggi seperti semangka,” ungkap Ihkam.

Ihkam menambahkan, sebelum dilakukan sosialisasi, Kelompok 5 telah menanam semangka dan blewah di lahan percontohan yang yang telah disediakan oleh Kepala Desa Kebun.

“Dengan adanya lahan percontohan ini, warga Desa Kebun dapat mengetahui secara langsung langkah demi langkah dalam mempraktikkan budidaya semangka,” jelasnya.

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo melalui Dosen Pembimbing Lapang (DPL), Khamdi Mubarok, berterima kasih kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Kebun, atas kontribusi dan dukungannya pada program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama dua bulan ini.

Program seperti ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai bentuk pengabdian Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada desa-desa di sekitar kampus dalam rangka mengembangkan potensi-potensinya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!