Daerah  

Ada Pak Kawal di Kelurahan Banyuanyar Sampang

Caption: Launching inovasi "Pak Kawal" dan kendaraan pelayanan publik administrasi kependudukan yang diluncurkan Kelurahan Banyuanyar, Sampang.

Sampang || Rega Media News

Pak Kawal bukanlah sebutan nama seseorang, melainkan bentuk inovasi pelayanan publik dari Kelurahan Banyuanyar, Sampang, Madura, dalam melayani administrasi kependudukan.

Sebelumnya, Dispenduk capil setempat mempunyai inovasi “Sakera Mesem”, namun kali ini melalui Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Sampang melaunching inovasi “Pak Kawal”.

“Pak Kawal adalah bentuk pelayanan publik administrasi kependudukan secara langsung turun ke masyarakat,” ujar Lurah Banyuanyar, Moh Heldiyas, saat Musyarawah Rencana Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) tahun 2023, Selasa (25/01/22).

Heldiyas menjelaskan, Pak Kawal kepanjangan dari inovasi Sakera Mesem yang artinya pelayanan akte kelahiran, kematian dan kartu keluarga bagi warga lahir dan meninggal.

“Jadi, dengan adanya Pak Kawal, masyarakat tidak perlu susah payah mendatangi kantor kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan,” kata pria yang akrab disapa Diyas.

Ia juga mengatakan, dalam pelayanan Pak Kawal, sudah ada staf kelurahan turun ke masyarakat, mengambil data kelengkapan dalam kepengurusan akte kelahiran, kematian dan kartu keluarga.

“Untuk launchingnya baru terlaksana, tapi pelayanan Pak Kawal sudah terlaksana sejak November tahun 2021 kemarin. Kita sudah instruksi kepada Ketua RW dan RT untuk mendata,” tandasnya.

Heldiyas mengungkapkan, pelayanan tersebut sebelumnya terinovasi atas kurangnya kesadaran masyarakat dalam administrasi kependudukan, seperti tidak memiliki akte kelahiran, kematian dan KK.

“Kami berharap pelayanan Pak Kawal bermanfaat kepada masyarakat, karena kita akan memberikan pelayanan prima, demi terwujudnya Sampang Hebat Bermartabat,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Kecamatan Sampang Moh Hanafi mengatakan, ia mengapresiasi inovasi “Pak Kawal” yang telah diluncurkan Kelurahan Banyuanyar.

“Semoga inovasi Pak Kawal dalam pelayanan publik administrasi kependudukan yang dibuat Kelurahan Banyuanyar ini, bermanfaat kepada masyarakat,” ucapnya.

Sekedar diketahui, kegiatan Musrenbangkel tahun 2023 dan launching inovasi “Pak Kawal” yang dilaksanakan di pendopo Kelurahan Banyuanyar tersebut dihadiri perwakilan Camat, Danramil, Kapolsek Sampang, ketua RW dan RT, tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.