Daerah  

Pegadaian Syari’ah Sampang Siapkan Produk Arrum Haji

Caption: Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Sampang Kota (Eka Chandra Hertiansyah).

Sampang || Rega Media News

Bertempat di aula gedung PKPRI, Pegadaian Syari’ah Cabang Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar seminar Arrum Haji, Senin (13/06/2022), dengan tema “Literasi dan Edukasi Produk Pegadaian Syariah”.

Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Sampang Kota Eka Chandra Hertiansyah mengatakan, Arrum Haji adalah salah satu produk Pegadaian yang berbentuk pembiayaan syariah untuk melaksanakan ibadah haji melalui jalur haji regular.

“Pembiayaan dari Arrum Haji tersebut, merupakan pinjaman dalam bentuk tabungan haji,” ujar Eka Chandara kepada awak media, usai seminar, Senin (13/06).

Eka Chandra menjelaskan, pegadaian memberikan layanan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan untuk pergi beribadah ke tanah suci Mekkah.

Eka juga mengklaim, jika program tersebut telah melalui kajian dari dewan syariah nasional, serta sudah mendapatkan sertifikasi legal dari badan berwenang.

“Selain itu, juga telah mendapatkan ijin dan dipastikan syar’i sesuai peraturan pemerintah,” jelasnya.

“Jadi, bapak dan ibu akan aman kalau mau naik haji lewat program ini. Program ini sudah dikaji oleh dewan syariah, sudah mendapat ijin dan dipastikan syar’i sesuai aturan pemerintah,” tutur Eka.

Untuk menabung lewat Arrum Haji Pegadaian, jelas Eka, caranya cukup mudah. Antara lain menyerahkan foto copy KTP dan jaminan emas batangan (LM) minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar 70% senilai 7 gram.

“Syaratnya harus beragama Islam, usia minimal 12 tahun saat mendaftar, maksimal 65 tahun saat jatuh tempo, fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK). Untuk pas foto 3×4 dan 4×6 disediakan oleh Kementerian Agama,” tandas Eka.

Sekedar diketahui, kegiatan seminar Arrum Haji yang berlangsung khidmat tersebut di nara sumberi langsung Deputy Pegadaian Syariah area Madura, Mochamad Choyin, dan mantan Bupati Pamekasan KH Kholilurrahman Wafi.