Daerah  

Cegah Kanker Serviks, Puskesmas Robatal Sampang Gelar Test IVA dan Sadanis Gratis

Caption: pose bersama Plt Kepala UPTD Puskesmas Robatal (dr. Elmira Rizkia Febriyanti).

Sampang || Rega Media News

Dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekan RI sekaligus mensukseskan program Ibu Menteri Agama RI Eny Retno Yaqut, Puskesmas Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar test IVA dan Sadanis.

Test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis) ini, digelar di gedung Puskesmas setempat sejak tanggal 10-16 Agustus 2022 pada pukul 08.00 – 12.00 Wib.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPTD Puskesmas Robatal sekaligus Ketua Tim Dokter program tersebut, dr. Elmira Rizkia Febriyanti mengatakan, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mendorong kegiatan pencegahan kanker pada perempuan, dengan melakukan Gerakan Deteksi Dini melalui test IVA dan Sadanis secara massif.

“Test IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sementara tes Sadanis, adalah cara deteksi awal atau mengetahui kesehatan payudara, khususnya gejala-gejala kanker yang seringkali menyerang perempuan,” ujar dr. Elmira kepada Media ini, Selasa (16/08/2022).

Lebih jauh ia menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian program merayakan HUT ke 77 Kemerdekan RI yang diinisiasi oleh Ibu Menteri Agama RI, sekaligus Ketua Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut.

Dalam kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kemenag Kabupaten Sampang, dalam upaya mencegah terjadinya penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara.

“Alhamdulillah, pemeriksaan ini diikuti sebanyak 14 pasien. Diantaranya, test Sadani 3 pasien ditemukan indikasi dan dirujuk untuk penanganan lebih lanjut. Sedangkan, tes Iva yang diperiksa 6 pasien 5 diantaranya dinyatakan negatif dan 1 positif hingga dirujuk. Sementara 8 pasien lainnya, tidak diperiksa karena tidak memenuhi syarat pemerikasaan,” tuturnya.

Elmira menambahkan, manfaat dari pemeriksaan tersebut dapat mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya baik melalui hasil IVA maupun dari hasil pemeriksaan gula darah, tekanan darah serta pemeriksaan payudara seorang wanita adalah makhluk yang rentan, akan penyakit kanker servik dan kanker payudara yang mematikan.

Kegiatan ini dapat menjadi pencetus serta penggerak meningkatnya kesadaran masyarakat Kabupaten Sampang, khususnya Robatal dalam pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum wanita.

“Harapan kami mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana berkelanjutan tidak hanya dalam gebyar. Nanti untuk setiap tahunnya mungkin bisa ditingkatkan,” pungkasnya.