Daerah  

Tak Lazim, Inspektorat Sampang Sidak Puskesmas Camplong Tengah Malam

Caption: Inspektorat Daerah Sampang saat sidak Puskesmas Camplong.

Sampang || Rega Media News

Beredar dokumentasi foto pejabat Inspektorat Daerah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Camplong tengah malam.

Dalam dokumentasi foto tersebut, para pejabat Inspektorat Daerah berdiri tegak di depan ruang pelayanan UPTD Puskesmas Camplong.

Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Sampang Ari Wibowo membenarkan, pihaknya melaksanakan Sidak. Tujuannya, hanya memastikan pelayanan pasien yang berobat dan sedang rawat inap di Puskesmas itu betul-betul gratis, tanpa mengeluarkan biaya.

“Sebetulnya tidak ada rencana, tapi kami hanya ingin memastikan Program Universal Health Coverage (UHC) yang sudah di launching pada Minggu kemarin itu benar-benar berjalan, dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Ari menegaskan, sidak tersebut salah satu bagian dari instruksi Bupati Sampang pada dirinya sebagai Plt Inspektur untuk membenahi, memperbaiki, meningkatkan pelayanan Puskesmas.

“Kebetulan di Puskesmas ini sedang ada pasien kecelakaan, apakah ditangani atau tidak ?, dan dalam sidak hampir tengah malam itu semua pasien terlayani dengan baik,” pungkasnya.

Sayangnya, pihak Inspektorat Daerah Kabupaten Sampang enggan membeberkan hasil sidaknya secara gamblang. Padahal sebelumnya, Puskesmas tersebut di Sidak Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Setelah itu, juga pernah di sidak Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, dan pada Rabu (31/08/2022) malam, juga di sidak Inspektorat Daerah Sampang. Dengan beberapa kali di sidak, hingga saat ini belum ada ASN/Pegawai di Puskesmas tersebut yang dijatuhkan sanksi oleh OPD terkait.