Daerah  

Pegadaian Sampang: Menabung Sampah Bisa Dapat Emas

Caption: World Cleanup Day 2022, Pegadaian Syariah Sampang kota kerjasama dengan Bank Sampah Sakera.

Sampang || Rega Media News

Inovasi baru yang bakal dikemas menjadi sebuah program kembali dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Sampang kota, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Kali ini, Pegadaian berkolaborasi dengan Bank Sampah Sakera, di Jl. Aji Gunung, Kelurahan Gunung Sekar, untuk memilah sampah yang nanti menjadi emas, yakni dengan cara menabung sampah.

Dalam hal ini, sampah yang terkumpul di Bank Sampah, akan bisa ditukar dan dikonversikan menjadi emas. Hal itu sebagai upaya mengurangi sampah rumah tangga di Kabupaten Sampang.

“Kerjasama antara Pegadaian dengan Bank Sampah Sakera, dapat mendorong masyarakat untuk lebih semangat dalam pengolahan sampah,” ujar Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Sampang kota, Eka Chandra Hertiansyah, Jum’at (16/09/2022) sore.

Hal itu, disampaikan Eka Chandra, saat berkunjung ke Bank Sampah Sakera, dalam rangka memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day 2022.

“Sampah ini memiliki nilai ekonomis jika dipilah dengan baik. Sampah yang telah dipilah dapat dibawa ke Bank Sampah dan ditabung menjadi tabungan emas,” kata Eka Chandra, Jumat (16/09/2022).

Keuntungan yang diperoleh melalui program sampah menjadi emas, jelas Eka Chandra, saldo minimal tabungan tidak harus besar, karena seribuan rupiah pun bisa dicatat dalam tabungan tersebut.

“Sementara uang hasil penukaran sampah yang sebelumnya dinilai terlalu kecil dan kurang berharga, maka ketika ditabung dalam bentuk emas akan terlihat hasilnya,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk turut serta terlibat bersama Bank Sampah dan Pemerintah, dalam mengurangi kadar sampah serta mengelolanya menjadi penghasilan tambahan masyarakat.

“Sampah ini memang menjadi masalah diberbagai kota, yang paling penting bagaimana kesadaran kita dapat mengelola lingkungan, agar sampah ini dapat menjadi zero,” pungkas Eka Chandra.

Terpisah, Ketua DPD Bank Sampah Sampang Ahmad Junaidi, mengapresiasi program yang ditawarkan Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota tersebut.

“Program memilah sampah menabung emas ini, bisa menarik minat warga untuk menjaga lingkungan, sekaligus mengedukasi terkait pengelolaan sampah,” ujarnya kepada regamedianews.com.

Karena menurutnya, adanya program tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta minat dan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sampah non organik sebagai sumber pendapatan selain menjaga lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya Bank Sampah ini dapat menciptakan lingkungan yang sehat. Selain itu, diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,” pungkas Junaidi.