Mahasiswa KKN Tematik PIF UTM Gelar FGD Bersama Aparatur Desa Telaga Biru

  • Bagikan
Caption: Mahasiswa KKN Tematik PIF UTM pose bersama dengan Kepala Desa Telaga Biru Bangkalan, (dok. KKN Tematik Kelompok 01).

Bangkalan,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 01 Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Dalam kegiatan FGD tersebut, bertema “Mengenal Potensi Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan”, nantinya akan disesuaikan dengan Program kerja KKN Tematik 01, berlangsung hingga 18 Desember 2022 mendatang, Senin (17/10/2022).

Pada kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BUMDES, Ketua Pengelola Pasar, Ketua Pengelola Pantai, Ketua Pengelola Sampah, Ketua Batik BPD, Perwakilan Masyarakat, Dosen Manajemen, Dosen PGSD, Dosen Ekonomi dan Pembangunan.

Selain itu, juga dihadiri anggota KKN Manajemen, anggota KKN PGSD, anggota KKN Ekonomi Pembangunan serta anggota kelompok 01 Prodi Pendidikan Informatika yang didampingi langsung oleh dosen pendamping lapangan, Muhammad Afif Effindi, S.Kom.,M.T.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 01 KKN-T Mahasiswa Pendidikan Informatika berjumlah delapan (8) mahasiswa, yakni M.Rosid sebagai ketua kelompok, Rofik Faisal sebagai Wakil ketua, Abdul Alim sebagai sekretaris.

Lailatul Rosidah sebagai Bendahara, Kanzun Bahumatra sebagai anggota, M. Syafiq Saviola Prihadi sebagai anggota, Dimas Ardiansyah Pendidikan Informatika sebagai anggota , dan Kevin Al-Firdauzi Kusuma sebagai anggota.

Kegiatan FGD tersebut, dibuka langsung Dosen Universitas Trunojoyo Madura dan dilanjutkan oleh sambutan Kepala Desa Telaga Biru Ahmad Suhdi, dengan mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura.

“Kami sangat berharap kehadiran adik-adik KKN Tematik di Desa Telaga Biru membawa hal positif bagi generasi baru di desa ini, dan mampu memberikan inovasi-inovasi dalam hal keilmuan masing-masing dari adik-adik KKN Tematik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kades Telaga Biru menceritakan sejarah terbentuknya desa dan sejarah, bagaimana awal mula batik yang hanya sekedar hobi bagi para wanita, untuk menunggu para pria yang sedang berlayar ke luar pulau, hingga menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan perekonomian desa.

Tidak sampai disitu, para nelayan juga berdiskusi dengan para dosen, untuk meningkatkan keselamatan para nelayan saat berlayar di laut. kepala desa setempat juga menginginkan wisata Pantai Biru, agar memiliki banyak pengunjung, karena sempat terhambat oleh pandemi Covid-19 pada tahun 2020 hingga 2021. Dengan terlaksananya Focus Group Discussion, diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian desa kedepannya.

Dosen pendamping Lapangan (DPL) Muhammad Afif Effindi, S.Kom.,M.T. menyampaikan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada para tokoh Desa Telaga Biru Tanjung Bumi Bangkalan yang sangat kekeluargaan, dalam menerima Mahasiswa KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura.

“Kami mohon bimbingan serta arahan dari pimpinan serta Masyarakat Desa Telaga Biru kepada anak-anak kami ini yang masih muda, dalam segi usia dan pengalamannya dalam berinteraksi. Semoga kegiatan KKN Tematik ini menjadi cikal bakal pergaulan sosial yang baik, dalam berinteraksi dengan masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui, setelah kegiatan Focus Group Discussion, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh dosen Pendidikan Informatika selama beberapa bulan kedepan. Acara tersebut pun ditutup dengan foto bersama.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!