Daerah  

Responsif Polres Sampang Peduli Terhadap Masyarakat

Caption: anggota Polres Sampang saat membantu warga penderita penyakit kanker menggunakan mobil Ambulance Polri, hingga ke RSUD dr.Mohammad Zyn Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Sikap kepedulian terhadap masyarakat sebagai bentuk Polri yang Presisi, terus diwujudkan Kepolisian Resor (Polres) Sampang jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur. Salah satunya peduli terhadap sesama, khususnya warga kurang mampu.

Hal tersebut mengacu terhadap diantara makna Presisi, yakni memberikan pelayanan optimal dan terbaik kepada masyarakat, serta bersikap responsif, untuk membantu dan menolong sesama, dengan memprioritaskan jiwa kepeduliannya.

Seperti dilakukan Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Sampang, melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan Polisi RW, serta berkolaborasi dengan Jatim Sosial Care (JSC) Dinas Sosial, dalam membantu Innama, warga Dusun Rabesan, Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Rabu (07/06/2023).

Dengan responsifnya, anggota Polres Sampang membantu Innama, sosok perempuan berusia 42 tahun yang tengah menderita penyakit kanker, agar mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Mohammad Zyn Sampang.

Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri mengungkapkan, sebelumnya ia mendapat informasi dari masyarakat, jika di Desa Gulbung terdapat warga kurang mampu tengah menderita penyakit kanker, namun tidak berobat ke rumah sakit karena terkendala biaya.

“Mendengar informasi itu, kami bersama anggota Bhabinkamtibmas, Polisi RW dan pihak Dinas Sosial mendatangi kediaman warga tersebut (Innama, red), untuk mengecek kondisi kesehatannya. Saat itu juga, kami membawa beberapa paket sembako, agar sedikit meringankan beban kebutuhan sehari-seharinya,” ungkap Amri, Kamis (08/06).

Saat dikediamannya, ungkap Amri, ia berkoordinasi dengan pihak keluarga, agar Innama dibawa ke rumah sakit, karena saat ini setiap pelayanan kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, mulai dari RSUD dan Puskesmas menerapkan Universal Health Coverage (UHC), yakni pelayanan kesehatan gratis.

“Setelah disetujui pihak keluarga, tanpa berfikir panjang kami berkoordinasi dengan Urkes Polres Sampang, untuk menggunakan mobil ambulance Polri yang ada, guna membawa Innama ke rumah sakit, agar mendapatkan perawatan medis,” pungkas Amri.

Terpisah, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kasi Humasnya Ipda Sujianto mengatakan, kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan anggota Satbinmas Polres Sampang, bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Polisi RW adalah pengemban fungsi Binmas.

“Berkat kepedulian dan sinergitas Polres Sampang dengan JSC Dinsos, Buk Innama saat ini, sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mohammad Zyn Sampang. Namun sebelumnya, tidak berobat karena terkendala biaya,” ujar Sujianto, Kamis (08/06).

Perwira berpangkat satu balok emas dipundaknya ini mengungkapkan, sebelumnya, Innama hanya mendapatkan perawatan seadanya dari keluarga terdekat. Atas responsif anggota Polres Sampang, sangat diapresiasi dan berharap menjadi contoh bagi anggota (Polri) yang lain.

“Kami sangat mengapresiasi, kegiatan positif anggota Satbinmas Polres Sampang, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pangarengan dan Polisi RW yang berkolaborasi dengan JSC, dalam memberikan pelayanan kepolisian dengan prima kepada masyarakat,” ucapnya.

Eks Kanit II Tipidek Satreskrim ini menambahkan, bagi masyarakat Sampang yang ingin membutuhkan pelayanan dari kepolisian, bisa menghubungi personel Polri terdekat, yakni menghubungi Polisi RW yang sudah dibentuk Kapolres Sampang, atau para Bhabinkamtibmas yang berdinas di tiap-tiap desa.