Daerah  

Pertahankan Zona Hijau, Bupati Sampang Minta Satgas Sigap Tangani Covid-19

Bupati Sampang (H. Slamet Junaidi) bersama Sekdakab, Kadiskominfo dan Kadinkes Sampang, di ruang tengah pendopo trunojoyo.

Sampang, (regamedianews.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, terus berupaya melakukan pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan memfokuskan pada setiap pintu masuk perbatasan, yaitu dengan memeriksa setiap kendaraan dan penumpang yang masuk.

Selain itu, Pemkab bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat gencar tinjau posko yang ada di setiap Kecamatan, guna mengantisipasi masuknya orang yang terjangkit Covid-19 di Kabupaten Sampang yang sejauh ini wilayahnya masih zona hijau alias aman dari pandemi Covid-19.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi meminta semua petugas Posko untuk lebih sering berkomunikasi, menanyakan dan memantau apakah ada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah atau luar negeri untuk segera didata identitasnya. Tujuannya agar emasyarakat dapat terjaga dari penyebaran Covid-19 tersebut.

“Kita harus mencegah jangan sampai ada warga Sampang yang terjangkit Covid-19, karena kalau sudah ada yang terjangkit yang repot kita nantinya. Makanya, lebih baik dari sekarang kita cegah daripada nanti sudah terjadi yang tidak kita inginkan,” pinta pria yang akrab disapa H. Idi ini saat jumpa pers di Pendopo Agung Trunojoyo, Sampang, Rabu (08/04/2020).

Lebih lanjut, H. Idi menyampaikan, pihaknya bersama Kapolres, Dandim 0828/Sampang dan Tim Satgas Kabupaten akan terus melakukan monitoring, memberikan motivasi dan arahan kesiapan Satgas Covid-19 di masing-masing kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Kami tidak ingin main-main dalam upaya pencegahan pandemi atau mewabahnya Covid-19 ini, dan kami telah menginstruksikan kepada masing-masing Kepala Desa di Sampang, agar menciptakan inovasi ekonomi kerakyatan dengan pembuatan masker mandiri melalui dana desa,” ujarnya.

Mantan politisi senayan ini juga menegaskan, dengan musibah Covid-19 ini agar tidak ada yang memanfaatkan anggaran bencana dengan cara menguntungkan diri sendiri atau suatu golongan.

“Jika ditemukan terjadi main-main dengan anggaran penanganan Covid-19, akan kami tindak tegas sesuai dengan instruksi KPK RI,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Sampang sekaligus Satgas Covid-19 Kabupaten Djuwardi mengatakan, jika keluar rumah sebaiknya menggunakan masker. Selain itu, pihaknya meminta media untuk terus menyampaikan gerakan bermasker kepada masyarakat.

“Setidaknya, dengan upaya seperti itu semuanya akan terhindar dari Covid-19. Masyarakat ikuti anjuran Pemerintah, semoga zona hijau Kabupaten Sampang tetap bertahan, hingga Negeri ini benar-benar bebas dari Covid-19,” katanya. (adi/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *