Daerah  

Satbinmas Polres Sampang Imbau Warga Waspada DBD

Caption: anggota Satbinmas Polres Sampang saat berkunjung ke kediaman Ketua MWC NU Camplong dan membagikan bubuk abate.

Sampang || Rega Media News

Imbauan dan pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terhadap warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tidak hanya dilakukan petugas kesehatan.

Melainkan juga dilakukan Satbinmas Polres Sampang. Hal itu dibuktikan, atas lawatannya ke kediaman Ketua MWC NU Kecamatan Camplong, KH. Jumali Nafis, ditemui sejumlah warga, Kamis (27/01/2022).

“Selain giat silaturahmi, kami juga memberikan imbauan Kamtibmas, protokol kesehatan juga pencegahan DBD,” ujar Kasat Binmas Polres Sampang AKP Moh Mohni, melalui PS Kanit Bintibsos Satbinmas Aipda Liwail Amri.

Imbauannya, kata Amri, agar masyarakat tetap mematuhi prokes kesehatan (prokes), guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terlebih saat ini sudah ada varian baru Omicron.

“Diimbau agar masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, untuk membentuk kekebalan tubuh kita, sehingga tidak mudah terserang penyakit dan Covid-19,” imbau Amri.

Ia menjelaskan, memasuki musim penghujan saat ini, masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, guna menangkal adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan langkah 4M Plus.

“Diantaranya, menguras tempat penampungan air secara rutin minimal 1 minggu sekali, mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air, sehingga menjadi sarang nyamuk, menutup penampungan air dan memantau jentik nyamuk,” jelasnya.

Untuk plusnya, imbuh Amri, membiasakan tidak menggantung pakaian dikamar, memelihara ikan pemakan jentik, membasmi jentik nyamuk ditempat yang sulit dikuras dengan menaburkan bubuk Abate.

“Selain itu, agar memakai kelambu pada saat tidur, atau memasang kawat nyamuk pada ventilasi rumah. Selain memberikan imbauan, kami juga membagikan bubuk abate kepada warga,” pungkas Amri.