Daerah  

Berkah Ramadhan, PKL Ketiban Rejeki Bupati Bangkalan

Caption: Bupati Bangkalan (R Abdul Latif) menyerahkan bantuan uang kepada salah satu pedagang kaki lima.

Bangkalan || Rega Media News

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron ditengah melaksanakan ibadah puasa masih menyempatkan diri mendatangi sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di pinggir Jl. Poros Pacinan, kota Bangkalan, Senin (25/04/2022).

Kedatangan sosok pemimpin kota dzikir dan sholawat ditengah pedagang itu bertujuan menyapa langsung warganya, dan menyerahkan bantuan untuk meringankan beban ekonomi PKL yang mangkir dibahu jalan.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, pihaknya memberikan bantuan uang senilai Rp 500 ribu terhadap pedagang. Menurutnya, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk kupon.

“Untuk mencairkan bantuan tersebut, para PKL bisa membawa KTP dan kupon itu ke Bank BRI Bangkalan,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Ra Latif mengatakan, pihaknya melalui dinas terkait sudah melakukan pendataan penerima bantuan sejak sekitar dua bulan lalu, hasilnya ada 1.800 PKL yang layak mendapatkan bantuan tersebut.

Ra Latif juga mengatakan, sumber anggaran bantuan berasal dari APBD Bangkalan tahun 2022. Meski begitu, dia tidak menyebutkan berapa anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sifatnya tahunan, karena keterbatasan anggaran. Nanti kalau pandemi ini sudah berakhir dan ketersediaan anggaran memadai, kita akan evaluasi ke depannya,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut berkesinambungan setiap tahunnya untuk membantu para pedagang khususnya pedagang yang belum memiliki lapak, sehingga bisa melanjutkan usahanya.

“Mudah-mudahan ini dapat membantu para pedagang untuk tetap survive mencari rejeki, sehingga perekonomian masyarakat bisa membaik,” harapnya.

Sementara itu, Pembina Ikatan Pembeli Emas (IPEM) Bangkalan Lukman Hakim mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bangkalan yang sudah memperhatikan para pedagang.

Bahkan, dia menyebut Bupati Bangkalan adalah salah satu pemuda yang disebut oleh Bung Karno dalam kata-kata mutiaranya.

“Saya teringat kata-kata mutiara Bung Karno “berikan saya 10 pemuda, maka akan saya goncang dunia”. Saya rasa itu salah satunya adalah Bupati kita yang memberikan terobosan di masa pandemi ini untuk membatu masyarakat,” katanya.

Pujian tersebut bukan tanpa alasan, menurutnya, Bupati Bangkalan adalah seorang pemimpin yang memiliki loyalitas dan royalitas, serta hati nurani untuk mensejahterakan masyarakat sesuai taglinenya “Bangkalan Sejahtera”.

“Bantuan kecil saja Bupati turun ke lapangan. Ini menunjukkan Bupati pro rakyat. Jadi, pemimpin yang mana lagi yang mau kita cari ketika sudah ada pemimpin yang pro rakyat,” pungkasnya.