Daerah  

TMMD Kodim 0828 Sampang Gelar Penyuluhan Pertanian

Caption: saat berlangsungnya kegiatan penyuluhan pertanian cabe besar, di Posko TMMD ke-117 Sampang, Desa Pasarenan, (dok. regamedianews).

Sampang,- Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0828 Sampang, terus membantu pemerintah daerah dalam akselerasi pembangunan masyarakat, baik fisik maupun non fisik.

Kali ini, anggota Satgas TMMD bersama Pemerintah Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, dengan Tim Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, menggelar kegiatan penyuluhan ketahanan pangan (Pertanian).

“Penyuluhannya dilaksanakan di Posko TMMD, Desa Pasarenan. Penyuluhan ini dilaksanakan, dengan harapan pertanian di desa setempat bisa berkembang,” terang Pasiter Kodim 0828 Sampang Kapten Darminto, Rabu (26/07/2023).

Sementara itu, Hari Suseto dari Dinas Pertanian Kecamatan Kedungdung mengaku senang, atas partisipasi dan kontribusi yang dilakukan Satgas TMMD Kodim 0828 Sampang ini.

“Terima kasih atas kontribusinya. Semoga program TMMD ke-117 di Desa Pasarenan berjalan lancar, sukses dan tidak ada hambatan,” pungkas Hari.

TNI juga mengimbau, petani cabe besar meningkatkan hasil produksi cabainya, mengingat begitu besar kebutuhan cabai untuk di konsumsi masyarakat.

“Kami berharap para petani, dapat meningkatkan hasil produksi cabe dan rutin melakukan pemantauan pertumbuhan tanaman cabe, serta melaksanakan perawatan secara optimal, agar tanaman cabe dapat tumbuh dengan normal,” tandasnya.

Sementara itu, Danramil 0828/10 Kedungdung Kapten Inf Sufyan menyampaikan, kegiatan pendampingan dilaksanakan giat TMMD, merupakan bentuk kepedulian akan kepentingan keamanan dan kenyamanan di lingkungan binaannya.

“Selain itu, ini juga untuk mendukung dalam pemanfaatan sumber potensi lokal dalam mewujudkan ketahanan pangan, khususnya para petani cabe,” ujar Sufyan kepada awak media.

Menurutnya, dalam menyukseskan ketahanan pangan, agar para Babinsa selalu turun kelapangan dan berkoordinasi dengan PPL, dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Hal itu, agar program ketahanan pangan dapat tumbuh dan dengan hasil yang maksimal khususnya produksi cabai,” tutur orang nomor satu di Makoramil Kedungdung tersebut.

Sementara itu, Sakur salah satu petani cabe, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0828 Sampang, karena telah menyalurkan ilmu pertanian dengan adanya pendampingan dari TNI.

“Kita menjadi terbantu dan termotivasi, dalam perawatan tanaman cabe. Pendampingan TNI ini tidak hanya memberikan pendampingan, karena mereka (Babinsa) juga tidak segan turun langsung ke kebun, ikut membantu membersihkan lahan kebun tanaman kami,” ungkapnya.