DPMD Sampang Sukses Gelar Peringatan BBGRM dan HKG PKK

0
485
Bupati Sampang (H. Slamet Junaidi) melalui Sekertaris Daerah Kabupaten Sampang (Yuliadi Setiawan) membuka secara simbolis puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke 47 tahun 2019.

Sampang, (regamedianews.com) – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat menggelar puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke 47 tahun 2019 bertempat di Gor Indor, Wijaya Kusuma, sekira pukul 06.30. Wib, Jumat (15/11/2019) pagi.

Kegiatan BBGRM dan HKG PKK 2019 ini diawali dengan senam bersama yang diikuti Forkopimda, Sekda, Ketua PKK Kabupaten, Kepala OPD, Camat, Kasi PMD dan Kepala Desa se Kabupaten Sampang.


Bupati Sampang H Slamet Junaidi melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan, kegiatan puncak peringatan BBGRM dan HKG-PKK itu merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari
tingkat Nasional, Provinsi dan yang sekarang dilaksanakan di tingkat Kabupaten.

“Bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong yang ada di masyarakat serta meningkatkan kegiatan gerakan PKK yang bermanfaat bagi masyarakat. Semangat gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan adalah ciri khas bangsa
Indonesia yang merupakan warisan dari nenek moyangyang harus kita sadari sudah mulai luntur tergerus modernisasi dan kemajuan zaman. Oleh karena itu, kita jadikan puncak peringatan BBGRM dan HKG-PKK sebagai kesempatan untuk kembali mengibarkan semangat gotong royong dan kesatuan gerak PKK di semua aspek kehidupan masyarakat”, terangnya.

Yuliadi Setiawan menambahkan, semangat gotong royong dan kesatuan gerak PKK harus diterapkan dalam segala aspek kehidupan, salah satunya melalui kegiatan gotong royong untuk mewujudkan sembilan program kerja unggulan Jawa Timur yang dikenal dengan nama nawa Bhakti Satya dan juga 10 program pokok PKK.

“Melalui BBGRM dan HKG PKK kita wujudkan semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur maju sejahtera dan menjadi momentum untuk mendorong, serta memobilitas keswadayaan dan partisipasi masyarakat melalui usaha mikro, ekonomi produktif dan sebagainya, Selain itu, mari bersama-sama membangun potensi lokal dan memanfaatkan sumber daya dan pembangunan yang di alokasikan di desa. Sehingga hasilnya akan bermanfaat bagi semua pihak”, pungkasnya.

Ketua PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengatakan, dalam memperingati HKG PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora. Yakni, membawa semangat baru, energi baru pada setiap langkah yang ada di tim penggerak PKK.

“Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor, dan pembaharu yang inspiratif dan bisa dikatakan gerakan PKK di masyarakat yang menjadi ciri khas tim PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya”, tutur Hj Mimin Slamet Junaidi.

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Sampang Abd Malik Amrullah menuturkan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan kegotong royongan dalam penguatan integritas sosial untuk mencapai masyarakat Kabupaten Sampang yang adil, makmur dan sejahtera.

“Kegiatan BBGRM dan HKG PPK tahun 2019 ini merupakan upaya bersama, untuk melestarikan gotong royong di Kabupaten Sampang dan keswadayaan masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan”, ungkap Malik.

Lebih lanjut Abd. Malik Amrullah menyampaikan, kegiatan BBGRM dan HKG PKK dilaksanakan melalui beberapa bentuk kegiatan yaitu, pemilihan kader PKK terbaik tingkat Kecamatan dan Desa agar kegiatan itu bisa meningkatkan kapasita, wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Selain itu, ada kegiatan Jambore kader PKK Kecamatan dan Desa untuk sebagai wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan bagi kader PKK Kecamatan dan Desa.

Abd Malik Amrullah menambahkan,
BBGRM dan HKG PKK Jawa Timur dan produk unggulan yang dilaksanakan pada 19 samapai 20 Oktober 2019 di Kabupaten Situbondo dengan pameran itu menurutnya, Kabupaten Sampang sukses menampilkan produk unggulan yang sangat diminati oleh para pengunjung kegiatan.

“Untuk hari ini senam bersama dan pameran produk unggulan dari empat Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa) binaan DPMD Kabupaten Sampang”, imbuh Malik. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here