Jaring Pengaman Sosial Warga Cimahi Terdampak Covid-19 Harus Segera Disiapkan

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi (Ayis Lavilianto).

Cimahi, (regamedianews.com) – Apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Cimahi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 (virus Corona), mendapat respon positif dan apresiasi dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Lavilianto.

“Kini masyarakat malah banyak yang ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan tentang bahayanya penyebaran Covid-19. Hanya perlu peningkatan dalam monitoring dan evaluasi saat pelaksanaannya,” ungkap Ayis, melalui pesan Whatsapp, Senin (06/04/20).

Bacaan Lainnya

Ayis meminta, yang perlu diperhatikan lagi adalah koordinasi dan sosialisasi serta arahan dari Dinas terkait faskes tingkat pertama yang dikelola swasta.

“Selama ini, sekitar 20% penduduk Kota Cimahi berobat faskes tingkat satunya dengan pihak swasta. Terkait Covid-19, harus terkoordinasi dan terinformasikan lagi prosedur penanganannya,” pinta Ayis.

Ayis juga menekankan, agar segera dipersiapkan tempat karantina darurat untuk mereka yang positif terkena virus Corona. Disertai dengan pengamanan dan perlengkapan yang representatif.

“Tempatnya tentu harus memadai, sehingga warga sekitar menjadi tenang, aman, dan tidak khawatir tertular,” tandasnya.

Terakhir, kata Ayis, yang paling penting dan harus segera disiapkan adalah membuat sistem jaring pengaman sosial bagi masyarakat Kota Cimahi yang terdampak.

Adanya aturan physicsl dan social distancing banyak dari mereka yang kehilangan penghasilannya, sehingga biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun menjadi berkurang.

“Ini harus segera disiapkan, dengan mamakai sistem yang bagus. Harus terdata secara valid, tepat sasaran dan pendistribusiannya juga rapi,” pungkasnya. (agil)

Pos terkait