Daerah  

Antisipasi Laka Laut, Sat Polairud Polres Sampang Gencar Patroli

Caption: Sat Polairud Polres Sampang memberikan imbauan kepada nelayan, (dok. Humas Polres Sampang).

Sampang,- Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan selama cuaca ekstrim di wilayah perairan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Sat Polairud Polres setempat gencar patroli, Senin (26/12/2022).

Selain giat patroli, Sat Polairud juga melakukan pengamanan di pelabuhan tradisional Tanglok dan di Pantai Wisata Camplong, menjelang hari libur tahun baru 2023.

Karena sebelumnya, pada hari Jum’at (23/12) kemarin, kapal ikan milik warga Pulau Mandangin karam diterjang ombak, namun tidak sampai memakan korban jiwa.

Kapolres Sampang AKBP Arman melalui Kasat Polairud Catur Rahardjo mengatakan, patroli dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa di perairan Pulau Mandangin.

“Anggota memasifkan patroli perairan, dilanjutkan kegiatan Binmas dengan memberikan himbauan kepada nelayan, pemilik kapal, serta masyarakat pengguna transportasi laut,” kata Catur.

Perwira berpangkat dua balok emas dipundaknya ini mengungkapkan, setiap setelah subuh mengirimkan prakiraan cuaca maritim perairan Jawa Timur yang dikeluarkan BMKG.

“Kami informasikan melalui whatsapp group nelayan sampang, agar mereka bisa memantau cuaca, ketinggian gelombang air laut dan kecepatan angin,” ungkap Catur.

Ia mengingatkan, agar pemilik kapal dan nelayan memperhatikan kondisi kapal sebelum berlayar. Bahkan, diperintahkan agar menyiapkan life jaket, pelampung penolong dan alat keselamatan lainnya.

“Kami juga membagikan nomor hotline Sat Polairud Polres Sampang dengan nomor 081218509005, apabila menemukan tindak pidana dan kecelakaan laut di perairan Kabupaten Sampang,” terangnya.

Catur menegaskan, Sat Polairud selalu siap sedia menjaga Kamtibmas di wilayah Sampang. Tidak hanya di daratan, di laut pun siap memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.