Sejumlah Desa di Sumenep Ada Yang Belum Bentuk BUMDes

0
226
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Achmad Masuni.

Sumenep, (regamedianews.com) – Meski program pembentukan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) di Sumenep diluncurkan sejak dilantiknya Pemerintahan A. Busyro Karim pada tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini masih ada desa yang belum membentuk BUMDes tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Achmad Masuni menyebutkan, ada 101 dari 330 desa di Sumenep yang masih belum membentuk BUMDes.


Baca juga Mahasiswa UNIRA Pamekasan Gelar Bimbingan BUMDES

“Sampai saat ini sudah ada 299 desa yang membentuk BUMDes, sementara sisanya masih belum membentuk. Mayoritas yang belum membentuk itu dari wilayah kepulauan,” terangnya, Kamis (13/09/2018).

Menurut Masuni, mayoritas desa belum membentuk BUMDes karena adanya beberapa faktor, diantaranya adalah belum adanya waktu. Sebab dalam pembentukannya perlu musyawarah desa. Untuk diwilayah daratan hampir semua desa sudah membentuk BUMDes.

Baca juga Pemkab Sumenep Desak Desa Yang Belum Miliki BUMDes Segera Dibentuk

“BUMDes ini nantinya akan menjadi penggerak perekonomian masyarakat di desa itu. Nanti Pemda akan kerja sama dengan BUMN melalui BUMDEs Nusantara di Jakarta. Jadi apabila sudah bekerja sama, nantinya semua kebutuhan masyarakat desa bisa terakomodir,” pungkasnya. (sup)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here