Implementasi Perkap Kapolri No 12 Tahun 2009

0
559
Pimpinan Redaksi Rega Media News (H. Abd. Razak, SH. MH)

Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, seyogyanya harus dipahami oleh seluruh anggota Polri, khususnya yang bertugas di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) lebih-lebih ditingkat Kepolisian Sektor (Polsek).

Hal ini sering terjadi penolakan bagi masyarakat, untuk mencari keadilan. Namun pelaporan atau pengaduan ditolak oleh petugas dengan bermacam alasan, pelapor, pengadu ditolak dengan alasan tidak ada Kapolsek, pelapor ditolak dengan alasan kejadiannya bukan didaerah kewenangannya, dan masih banyak alasan lainnya.


Baca juga Revitalisasi Pelabuhan Kamal, Ilmuan Gelar Focus Group Discusion, Hasilkan Gagasan Pariwisata

Institusi Polri sebenarnya dalam Perkap No. 12 dengan jelas dan gamblang. Selaku petugas penegak hukum tidak ada alasan menolak pelaporan dan atau pengaduan hal ini sesuai dengan Pasal 8 ayat (1) “setiap laporan dan/atau pengaduan yang disampaikan oleh seseorang secara lisan atau tertulis, karena hak atau kewajibannya berdasarkan undang-undang, wajib diterima oleh anggota Polri yang bertugas di SPK”.

Kemudian ayat (2) “dalam hal tindak pidana yang dilaporkan/diadukan oleh seseorang tempat kejadiannya (locus delicti ) berada di luar wilayah hukum kesatuan yang menerima laporan, petugas SPK wajib menerima laporan, untuk kemudian diteruskan/dilimpahkan ke kesatuan yang berwenang guna proses penyididikan selanjutnya”.

Pasal 9 ayat (1) “SPK yang menerima laporan/pengaduan, wajib memberikan Surat Tanda Terima Laporan (STTL) kepada pelapor/pengadu sebagai tanda bukti telah dibuatnya Laporan Polisi. Pada kenyataannya pelapor/pengadu kadang cukup sulit untuk menerima STTL, dikarenakan petugas tidak mengerti, kurang faham bahkan kemungkinan belum pernah membaca tentang Perkap Kapolri Nomor 12 Tahun 2009 tersebut”.

Baca juga Jusuf Kalla Berikan Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Kepada Cimahi

Penulis sangat menyayangkan dengan contoh kejadian nyata ini, karena juga pernah ditolak dengan alasan seperti tersebut diatas. Dengan ditolaknya pelaporan/pengaduan di Polsek kadang diarahkan lapor saja ke Polres, kelambatan penanganan itulah peluang bagi pelaku untuk melarikan diri.

Penulis:
Pimpinan Redaksi Rega Media News
H. Abd. Razak, SH. MH


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here