Daerah  

Cek Pompa Pengendali Banjir, Antisipasi Sampang Terendam

Caption: Satlantas Polres Sampang bersama instansi terkait saat mengecek ke lokasi pompa pengendali banjir, (Doc: Harry/RMN).

Sampang || Rega Media News

Memasuki musim penghujan, instansi gabungan dari Polres Sampang dan Pemerintah Kabupaten setempat melakukan pengecekan sejumlah pompa pengendali banjir, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan pengecekan tersebut dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sampang, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Dalam pengecekannya, tidak hanya dilakukan di satu titik pompa pengendali banjir, melainkan juga mengecek dibeberapa titik lokasi yang berada di wilayah Kecamatan Sampang kota.

Diantaranya, pompa pengendali banjir yang terletak di Desa Panggung dan di Jl. Bahagia, Kelurahan Rongtengah, Sampang kota.

Pasca kegiatan pengecekan, Kasat Lantas Polres Sampang AKP Alimuddin Nasution mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Sampang.

“Saat pengecekan pompa pengendali banjir, di lima titik lokasi di sepanjang sungai kemuning, kami bersama sejumlah instansi terkait,” ujar Nasution, Rabu (19/10) sore.

Ia mengungkapkan, pengecekan pompa tersebut perlu dilakukan, karena mengingat di saat musim hujan, sejumlah wilayah Sampang kota dan sekitarnya menjadi langganan banjir.

“Ketika banjir, maka akan berdampak terhadap arus lalu lintas, terlebih banyak rumah warga terendam banjir. Oleh karena itu, kita antisipasi mulai sekarang,” ungkapnya.

Nasution menambahkan, dari hasil pengecekan sejumlah pompa tersebut, tidak ditemukan adanya kerusakan. Karena menurut petugasnya, jika banjir terjadi pompa siap beroperasi.

“Alhamdulillah, ke lima pompa pengendali banjir itu semuanya normal dan aktif. Jika aliran sungai kemuning mulai meluap, pompa sudah siap dioperasikan,” ucapnya.

Perwira berpangkat tiga balok emas dipundaknya ini juga mengatakan, sebelum terjadi banjir pihaknya sudah bersinergi dengan instansi terkait, mulai dari kesiapan perseorangan, alat dan fasilitas lainnya.

“Insha Allah sudah siap dioperasikan, guna membantu masyarakat di sekitar Sampang kota yang sering menjadi korban bencana banjir, dampak dari luapan sungai kemuning,” ungkap Nasution.

“Namun, mudah-mudahan pada musim hujan saat ini, Kabupaten Sampang terhindar dari banjir, khususnya di wilayah Sampang kota dan sekitarnya, juga dijauhkan dari hal-hal tidak diinginkan,” pungkasnya.