Daerah  

Rakyat Madulang Meradang, Tolak Keras Pergantian PJ Kades

Caption: aksi pernyataan sikap warga Dusun Barlebar Desa Madulang terhadap penolakan pergantian PJ Kadesnya, (dok. regamedianews).

Sampang,- Santernya isu pergantian Penjabat (PJ) Kepala Desa Madulang, Kecamatan Omben, Sampang, Jawa Timur, membuat masyarakat desa setempat semakin meradang.

Pasalnya, isu yang menuai polemik di lingkungan pemerintahan desa tersebut, membuat masyarakat terpaksa melakukan aksi penolakan untuk kesekian kalinya.

Bahkan, masyarakat mengatasnamakan rakyat Desa Madulang dari Dusun Barlebar, menyatakan sikap menolak keras PJ Kadesnya diganti.

“PJ Kades kami tidak perlu diganti, karena sudah banyak memberikan manfaat, terutama dari segi pembangunan,” ujar Mahfud mewakili warga, Minggu (28/07/24) siang.

Bahkan dari segi perekonomian juga membantu. Maka dari itu, tegas Mahfud, mewarning agar tidak mengganggu ketentraman masyarakat di desanya.

“Jangan buat kegaduhan dengan santernya isu evaluasi PJ Kades, kami siap tempur apabila PJ Kades Madulang yang saat ini diganti,” cetusnya.

Menurut Mahfud, wacana pergantian tersebut sudah membuat sebagian masyarakat geram, karena dinilai mengusik kondusifitas di desanya.

“Tolong jangan ganti PJ Jamil, berdasarkan intervensi oknum-oknum berkepentingan, ditengah nuansa politik jelang Pilbup Sampang,” tandasnya.

Mahfud menegaskan, jika pergantian PJ Kades tetap dilaksanakan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kegaduhan dibawah.

“PJ Jamil tidak perlu dievaluasi, karena tatanan pemerintah desa sudah baik, pembangunan di desa juga maju dan tidak ada permasalahan,” pungkasnya.

Menyikapi hal tersebut, Camat Omben Didik Adi Pribadi mengatakan, pihaknya tidak bisa menghalang-halangi warga untuk menyampaikan aspirasinya.

“Namun, saya selaku camat ketika diperintah pimpinan harus melaksanakan, dalam hal ini perubahan PJ Kades, salah satunya di Desa Madulang,” ujarnya, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (28/07) sore.

Kendati demikian, ia pribadi menyayangkan apabila terjadi pergantian PJ Kades, karena menyangkut kondusifitas wilayah Omben jelang Pilkada.

“Kami tidak ingin, ketika mendekati Pilkada terjadi gesekan dibawah, tentu akan banyak menyita perhatian dan perlu penanganan ekstra,” ungkap Didik.

Akan tetapi, pergantian PJ Kades masih dalam proses pengusulan. Oleh karena itu, dengan adanya aksi penolakan dari warga Desa Madulang, menjadi atensi.

“Tentunya menjadi pertimbangan bagi Pemkab Sampang, dalam hal ini PJ Bupati, untuk mempertimbangkan lagi pergantian PJ Kades tersebut,” pungkasnya.